Menteri Sosial Tri Rismaharini menginstruksikan agar pekerja sosial (peksos) berkontribusi dalam penanganan berbagai kesejahteraan sosial sebagai dampak pandemi Covid 19. Risma mengajak pekerja sosial terkait untuk memperkuat kerja sama dan mempererat solidaritas. "Krisis ini juga mengajarkan kepada kita bahwa secara global, kita semua terhubung dan saling mempengaruhi, menembus semua batas dan ‘kotak kotak' yang selama ini kita yakini sebagai suatu identitas. Mari tingkatkan kerja sama dan mempererat solidaritas,” kata Risma melalui keterangan tertulis, Selasa (16/3/2021).

Tantangan dalam pembangunan kesejahteraan sosial, menurut Risma, menjadi semakin kuat dan dinamis. Berbagai isu muncul sebagai dampak pandemi Covid 19, di antaranya rasisme, kekerasan, kelaparan, perubahan iklim, ketidakadilan dan ketidakmerataan. Peringatan hari pekerjaan sosial sedunia setiap tahunnya jatuh pada minggu ke tiga di bulan Maret. Tahun ini jatuh pada 16 Maret 2021.

"Kita mempunyai nilai nilai filosofi dalam budaya kita, kita kenal istilah bhinneka tunggal ika, gotong royong, tepo seliro, musyawarah dalam mufakat, bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh, ada lagi "Pela Gandong" dan lain lainnya," tutur Risma. "Semua maknanya merupakan ikatan persatuan yang saling mengangkat saudara, solidaritas sosial dan masih banyak lagi filosofi filosofi hidup orang Indonesia yang sangat beragam," tambah Risma. Menurut Risma, Pancasila jelas menggambarkan filosofi Bangsa Indonesia.

Menurut dia, sudah seharusnya setiap silanya diterapkan dalam kehidupan sehari hari. "Saya kuatir, lunturnya pemahaman nilai nilai Pancasila akan mengancam keberlangsungan hidup kita sebagai Bangsa Indonesia,” kata Risma. Dirinya meminta pekerja sosial mengambil peranan untuk berkontribusi dalam mengatasi kesenjangan dalam layanan kesejahteraan sosial.

"Pekerja sosial dituntut untuk menunjukkan inisiatif dan ide ide baru agar tetap mampu memberikan layanan terbaik bagi yang membutuhkan dengan mengedepankan prinsip keamanan dan keselamatan," kata Risma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *